Search This Blog

Rabu, 29 September 2010

Pendakian Gunung Lawu (3.265 m dpl)

1 komentar

Gunung Lawu ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur . Puncak tertinggi gunung Lawu (Puncak Argo Dumilah) berada pada ketingggian 3.265 m dpl. Ada dua buah Kawah tua di dekat puncak Gunung Lawu, Kawah Telaga Kuning and Kawah Telaga Lembung Selayur.
Saya dari Pacitan , waktu luang selalu saya sempatkan untuk berpergian , terutama menjelajahi Objk Wisata di Indonesia , Kemarin Tanggal 27 September 2010 kami ber-enam melakukan touring ke Objek wisata Sarangan yang berlokasi di Kota Magetan . Dari rumah pukul 08.30 sampai di Sarangan Pukul 09.30 ,2 Jam perjalanan kami , kami melewati jalur Gorang-Gareng agar cepat menuju target, rasa senang dan bahagia selalu ada di benak kami . Sampai terjadi kecelakaan kecil kami alami , untung saja tidak ada yang terluka.
Sesampai di Area Objek Wisata kami pun membuka bekal makanan kami , untuk di makan .
Foto-foto target kedua kami , selesai makan berlindung di Hutan pinus untuk menikmati sejuknya hutan yang masih perawan tidak tersentuh tangan manusia.
Berhenti sejenak untuk menikmati. dari ke-enam teman saya ada yang pernah ke Gunung Lawu.
Akhirnya rombongan kami di ajak untuk mndaki ke gunung tersebut , Hanya Modal Nekat yang ada di dalam benak kami , untuk saja perlengkapan semua lengkap,
Akhirkan kami putuskan untuk mendaki , di Pos Pemberangkatan kami mnghampiri orang yang tau selauk beluk Gunung Lawu Tersebut, untuk diberikan pengarahan khusus.
Bismillah ... Kita berangkat pukul 16.00 WIB , dengan semangat 45 dan bacaan basmalah akhirnya mendaki juga . Ketinggian Gunung Lawu 3.265 Dpl ( Dari permukaan Laut )

Sedikit Cerita Latar Belakang Gunung Lawu :

gunung lawu

Gunung Lawu menyimpan misteri pada masing-masing dari tiga puncak utamanya dan menjadi tempat yang dimitoskan sebagai tempat sakral di Tanah Jawa. Harga Dalem diyakini sebagai tempat pamoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas, Harga Dumiling diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon, dan Harga Dumilah merupakan tempat yang penuh misteri yang sering dipergunakan sebagai ajang menjadi kemampuan olah batin dan meditasi.
Setiap orang yang hendak pergi ke puncaknya harus memahami berbagai larangan tidak tertulis untuk tidak melakukan sesuatu, baik bersifat perbuatan maupun perkataan. Bila pantangan itu dilanggar di pelaku diyakini bakal bernasib naas. Tempat-tempat lain yang diyakini misterius oleh penduduk setempat yakni: Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan/Cakrasurya, dan Pringgodani.

Desa Cemoro Sewu maupun dukuh Cemoro kandang yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer merupakan gerbang pendakian ke puncak Lawu atau lebih dikenal dengan nama Argo Dumilah, letaknya berada tidak jauh dari kota dan dilintasi oleh jalan raya tertinggi di pulau Jawa yaitu sekitar 1.878 meter dari permukaan air laut. Karena letaknya yang mudah dijangkau, Gunung Lawu ini banyak dikunjungi pendaki pada Minggu dan hari-hari libur. Bahkan pada bulan Suro (Tahun Baru menurut penanggalan Jawa), kita akan menemui bahwa mereka yang mendaki bukan saja untuk ke puncak gunung Lawu, tetapi juga banyak diantaranya adalah peziarah, pertapa dan berbagai tujuan lainnya.

Nah dah tau kan sob, lanjutkan cerita kami .
Perjalanan kami sungguh melelahkan , kami menempuh perjalanan ke Gunung Lawu memakan waktu 6 Jam , karena saya sendiri keadaan tidak kuat alias punya penyakit darah rendah.
Kamipun sempat melihat sunset saat mendaki Gunung Lawu, Indah sekali kebesaran Allah telah di perlihatkan subhanallah.
Loncat ceritanya , kami sampai di Puncak Gunung Lawu pukul 21.00 WIB disana dingin pol.
di puncak tersebut ada sendang air murni yang keramat sekali , air murni tanpa di masak terlebih dahulu , air di sendang tersebut dingin sekali .
ada Goa untuk penginapan , jadi kami tidak perlu lagi mendirikan tenda lagi

malam semakin larut , dingin semakin menusuk tulang kami, kami pun menyalakan api biar tidak dingin lagi, tapi apa boleh buat walaupun menyalakan api , tetap kalah dengan dinginya di Gunung Lawu tersebut.
Smabil menunggu pagi , kami sempatkan untuk beristirahat, memulihkan tenaga untuk paginya mendaki di puncak utama Gunung Lawu .

Puncak utama Gunung Lawu ini pasti anda akan heran dan terkejut jika anda melihat di samping-samping pegunungan , indah menawan sungguh menabjubkan , Kebesaran sang Kuasa Allah SWT.







Disamping adalah Potret/Foto yang saya ambil dari Puncak Gunung Lawu trsebut , Bagaimana komentar anda ? Indah bukan gan ?
Pasti anda akan tertarik untuk mengunjunginya









Kamipun ,mengambil Sunrise
yang baru terbit dari arah timur , indah sekali teman , disamping adalah foto Sunris yang kami ambil dari puncak Utama Gunung Lawu , kami ambil pukul 06.00 WIB








Dingin di Puncak Utama Gunung Lawu , 2 kali lipat dari pada dingin di Sendang Puncak Gunung Lawu



Foto dibawah adalah foto saya berada di Puncak Utama Gunung Lawu

Selesai , sampai disini dulu ya kawan cerita dari kami , semoga dngan crita ini kawan semua mendapat pengalaman , kalau anda pengen dan berminat , silahkan mendaki ke Gunung Lawu Tersebut , Makasih buat semuanya.
1 komentar:
Mr. R3w3Ls mengatakan...

wah mantep kyaknya jd pengen ksna.... :))

tapi kpan ych hehehehehe :((

Posting Komentar

FB Comments