Search This Blog

Jumat, 04 Desember 2009

Jelang Natal, Koobface Serang Facebook Lebih Gencar

Post a comment

Menjelang Natal, sepertinya banyak pengguna Internet yang wajib berhati-hati atas malware Koobface yang dapat menginfeksi PC user. Vendor keamanan Websense Security Labs ThreatSeeker Network telah menemukan bahwa kampanye malware Koobface kini beraksi dengan menggunakan theme Natal (Christmas). Pengembangan terbaru dari Koobface bahkan telah memasukkan fitur dari Google Reader.

Website Koobface sendiri menawarkan sebuah video yang diposting oleh 'SantA'. Selain itu, juga menggunakan sebuah codec untuk menonton video tersebut yang digunakan untuk mendorong user agar user meng-instal dan menjalankan file bernama setup.exe (SHA1:a2046fc88ab82abec89e150b915ab4b332af924a ). File tersebut telah berhasil dideteksi 16 dari 41 product antivirus, menurut pengamatan VirusTotal.

Sementara di halaman Facebook yang terinfeksi, maka user akan melihat sebuah link ke situs ‘ch[removed]cher.ch’ yang merupakan situs terinfeksi di Switzerland. User akan diarahkan langsung ke salah satu website Koobface melalui file Flash movie berbahaya yang ada di situs terinfeksi tersebut. Jika user menjalankan file yang terinfeksi tersebut, worm akan secara otomatis login ke account Facebook, MySpace dan beberapa situs jejaring social mereka,kemudian mengirim pesan ke semua teman mereka.

Ini bukan pertama kalinya worm Koobface menyerang website jejaring social, bahkan kasus yang sama pernah dilaporkan beberapa bulan lalu.


Sumber : http://www.beritanet.com/

Posting Komentar

FB Comments